Cara Mengusir Hama Rumah

Salah satu ciri – ciri rumah sehat adalah bebas dari bermacam hama, Binatang yang masuk kelompok hama yang ada di rumah secara umum biasanya serangga seperti kecoa, tungau, tikus dan rayap. Akan tetapi yang perlu kalian perhatikan selain penyerangan hama adalah jamur yang mesti kita buang jauh – jauh.

Hama dan jamur dapat menjadi sumber penularan penyakit untuk para penghuni rumah, Untuk itu, lakukan beberapa kegiatan untuk dapat mencegah atau mengusir hama dan jamur dari rumah kita nantinya. Tapi kalian jangan khawatir, disini saya akan menjelaskan cara mengusir hama serta jamur dari rumah kita.

Metode Mengusir Hama Rumah

Ada beberapa langkah yang mestinya kalian lakukan untuk memakai metode ini supaya sukses, Berikut langkah – langkah tersebut.

  1. Membersihkan lantai
    Dengan membersihkan lantai secara teratur kita akan memberikan kenyamanan di dalam ruangan misalnya dengan cara menyapu dan mengepel setidaknya sehari satu kali. Tapi jika kalian mempunyai penyedot debu, maka itu nantinya akan sangat membantu. Dalam mengepel lantai, gunakanlah cairan yang mengandung disinfektan seperti karbol agar lantai bisa menjadi lebih higienis.
  2. Memperhatikan dinding rumah
    Dinding yang kerap terpapar air hujan atau dekat dengan sumber air biasanya lembab pada dinding tersebut. Maka, kondisi seperti itulah yang akan memicu tumbuhnya jamur pada rumah kita. Untuk menghindari hal itu, kita bisa mengecat ulang dinding tersebut. Tapi sebelum kalian mengecat ulang dinding sebaiknya gunakan cat pelapis tahan air atau cat yang dapat tahan dengan semua cuaca.
    Untuk dinding yang kering juga perlu di bersihkan agar tidak mengundang kuman dengan cara mengelap memakai air sabun yang telah dicampur dengan cairan disinfektan. Langkah ini juga akan menghemat biaya kawan, Jika terdapat noda pada dinding, bisa di bersihkan dengan sikat berbulu lembut.
  3. Memeriksa plafon dan atap
    Untuk memeriksa semua plafon dan atap pada rumah, kita mesti perhatikan dengan penuh ketelitian. Karena jika terdapat kebocoran di area genteng yang menyebabkan air dapat mengalir masuk kedalam rumah, Nah itu juga bisa menjadi pintu masuknya hama ke dalam rumah. Kondisi seperti itu akan mengusung resiko adanya larva rayap yang terbawa air ke dalam rumah setelah itu rayap akan berkembang biak dan dapat menggerogoti konstruksi atap yang berbahan kayu ataupun plavon triplek.
    Selain rayap, Hewan pengerat lain juga dapat masuk rumah melalui celah genteng dan membangun sarang di balik plavon kita. Untuk itu, Segera melakukan tindakan pencegahan dengan cara memperbaiki genteng yang telah bocor dan jangan lupa untuk melapisinya dengan pelapis anti bocor. Tapi kalo genteng yang sudah pecah, Segera ganti dengan genteng yang baru.

Selain tiga cara diatas, ada aktivitas yang tidak kalah pentingnya seperti aktivitas bersih – bersih pada area halaman atau teras wajib menjadi rutinitas kita dalam setiap harinya. Karena rerumputan yang tanpa sengaja di biarkan tumbuh liar juga dapat menjadi rumah yang ideal bagi para hama.

Selain itu, sampah seperti kaleng, botol atau wadah bekas yang bisa menampung air hujan dapat menjadi sarang yang efektif bagi nyamuk. Oleh sebab itu, pangkas rerumputan atau tanaman peredu yang telah meninggi serta kubur perkakas dan sampah bekas tersebut agar tidak bisa menampung air untuk sarang nyamuk.

Dalam membersihkan rumah semata – mata untuk kesehatan kita dan keluarga serta dengan aktivitas tersebut dapat memberikan keindahan tersendiri pada pada penampilan rumah kita.

Sekian penjelasan saya tentang cara mengusir hama rumah yang sering kita jengkel di buatnya dan semoga semua penjelasan saya tersebut bisa bermanfaat bagi semua orang.
Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *